PT Bukit Baros Cempaka (BBC) berdiri sejak 1983 di desa Sasagaran Kebon Pedes kabupaten Sukabumi, perusahaan yang memiliki lahan seluas + 26 hektar ini adalah bagian dari PT Karya Titan Group yang dipimpin oleh Bapak Ing Rachmantio, pada awalnya datang dari hobi sang pemilik, lahan tersebut sebagian di manfaatkan untuk perkebunan dan peternakan dengan skala yang kecil, mulai dari pertenakan ayam, kambing, sapi, perkebunan teh, kopi serta buah--buahan.

Namun di tahun 1998 Indonesia mengalami krisis moneter yang berakibat pada harga susu sapi turun secara drastis, para peternak sapi mulai kebingungan karena Koperasi (KUD) yang menyediakan pakan, suplemen untuk ternak sapi mendadak berhenti, hingga akhirnya sebagian peternak mengambil langkah cepat dengan menjual sapi perah menjadi sapi potong.

PT BBC mengambil inisiatif memproduksi rumput sebagai pakan hijau untuk sapi serta konsentrat untuk suplemen sapi, agar kebutuhan para peternak bisa terpenuhi sekaligus melindungi ternak sapi yang tersisa, hingga akhirnya PT BBC berhenti setelah Koperasi (KUD) kembali berfungsi, kemudian mulai tercetus ide untuk membuat keju dari susu hasil sapi perah yang dipelihara sebanyak 25 ekor.

 
 

Sebelumnya PT BBC pernah mendatangkan seorang ahli keju Gouda dari Belanda untuk mengajarkan cara pembuatan keju Gouda kepada 11 karyawan yang diambil dari warga setempat.

Pada tahun 2002 PT BBC mulai mendirikan pabrik Keju yang memproduksi keju Gouda jenis semi hard cheese secara home industry, nama Natura dijadikan brand dengan sertifikasi Sempurna diberikan oleh Certificaat Boerenkaaskeuring (Institut Keju Belanda) hingga pada tahun 2014 brand berganti menjadi Baros,dan digunakan sampai saat ini.

Berawal dari memproduksi Keju Gouda secara home industry 
hingga akhirnya mendirikan sebuah Pabrik Keju 
menjadikan PT BBC sebagai Produsen Keju Lokal

Selain memproduksi keju Gouda,PT BBC mulai memproduksi jenis keju lainnya seperti Mozzarella, Cheddar, Red Cheddar, Edam dan Keju  Gouda Olahan. PT BBC memperluas produksi dengan membuat minuman seperti Yogurt serta makanan ringan dan kue kering hasil olahan dari Keju Gouda.

Untuk memenuhi pasaran PT BBC mulai meningkatkan produksinya menjadi semi home industry dengan mendatangkan mesin pembuat keju dan yogurt dari luar negeri, lahan seluas + 26 hektar tersebut selain didirikan untuk pabrik keju, juga berfungsi sebagai kegiatan wisata seperti Edu adventure camping, Gathering, Outing, One Day Trip, dll.Di tahun 2009 PT BBC mendirikan pabrik keju kedua di Salatiga Jawa Tengah, untuk memenuhi permintaan pasar di seluruh Indonesia.

Our Group: